Loading

Sosialisasi Program Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS) di SMKN 2 Kota Mojokerto

SMKN 2 Kota Mojokerto yang terletak di Jalan Raya Pulorejo memiliki semangat Disiplin dan Berprestasi. Disiplin dna Berpretasi tidak hanya ditunjukkan dalam juara lomba tapi juga dalam kepedulian terhadap lingkungan. Warga sekolah bergerak untuk peduli lingkungan hidup.

Upaya kepedulian ini diawali dengan sosialiasasi Sosialisasi Program Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS) bersama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Mojokerto. Sosialisasi ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2022. Kegiatan ini dibuka oleh panitia kegiatan kemudian dilanjutkan materi dari narasumber atau pihak DLH.

Materi yang paling esesnsial adalah mengenai definisi GPBLHS. Program Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS)  menurut Permen LHK No. 52 tahun 2019 adalah aksi kolektif secara sadar, sukarela, berjejaring dan berkelanjutan yang dilakukan oleh sekolah dalam menerapkan perilaku ramah lingkungan hidup. Definisi ini nantinya adakan diwujudkan dalam beberapa tahap yaitu perencanaan gerakan, pelaksanaan gerakan dan pemantauan serta evaluasi pelaksanaan.

 

Referensi

DLHK Provinsi Jogjakarta. (2020). Workshop Pembinaan Calon Sekolah Adiwiyata dan Sosialisasi Gerakan Peduli Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah Tahun 2020. DLHK Jogjaprov [on-line]. Diakses pada tanggal 25 November 2022 dari https://dlhk.jogjaprov.go.id/workshop-pembinaan-calon-sekolah-adiwiyata-dan-sosialisasi-gerakan-peduli-berbudaya-lingkungan-hidup-di-sekolah-tahun-2020#:~:text=Program%20Gerakan%20Peduli%20dan%20Berbudaya,menerapkan%20perilaku%20ramah%20lingkungan%20hidup.

 

***Artikel ini disusun oleh Tim Media Publikasi GPBLHS SMKN 2 Kota Mojokerto