Loading

Siswi Perbankan Syariah Dinobatkan Walikota Mojokerto menjadi Duta Koperasi Bertalenta 2022

            Salam Koperasi! Rabu, 31 Agustus 2022 menjadi hari bersejarah untuk Cantika Putri Hapsari, Siswi Perbankan Syariah SMKN 2 Mojokerto. Pasalnya, siswa yang menjadi finalis duta koperasi tersebut memeroleh kategori bertalenta di ajang Duta Koperasi 2022. Kata bertalenta sangat menggambarkan Cantika yang notabene Ketua OSIS SMKN 2 Kota Mojokerto.

 

              Cantika menyampaikan dalam pidatonya di Pendopo Sabha Krida Tama Rumah Rakyat bersama finalis Duta Koperasi lainnya. Ia menyampaikan bahwa  sejarah mencatat… Patih Purwokerto yang ingin menolong rakyat dari hisapan lintah darat melalui koperasi.Bung Hatta mencetuskan bahwa kerakyatanlah yang bisa mensejahterakan rakyat Indonesia.Koperasi mengutamakan keanggotaan yang bersifat sukarela dan terbuka serta pembagian SHU yang adil.Bina Koperasi Kota Mojokerto sendiri mengadakan kegiatan pembinaan dan pengembangan usaha koperasi.Hal ini tampak pada tahun 2021 juga telah membuat klinik yang Bernama KOROENA (Koperasi Roda Ekonomi Nasional).Program lainnya yaitu membagikan Brosur Himbauan bagi Masyarakat agar tidak terpengaruh oleh Pinjaman Online Ilegal yang marak terjadi.“Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan.” sesuai dengan konstitusi NKRI.

 

          Selain ajakan berkoperasi dari Finalis Duta Koperasi. Ning Ita selaku Walikota Mojokerto juga menyampaikan harapan beliau kepada duta koperasi. Beliau berharap duta koperasi yang terpilih, dapat membantu mensinergikan langkah koperasi kepada seluruh pemangku kepentingan, sekaligus menggelorakan semangat "Ayo Berkoperasi" untuk meningkatkan literasi perkoperasian. Beliau juga berpesam kepada pemenang koperasi award semoga bisa menjadi contoh dan motivasi bagi koperasi-koperasi lainnya untuk terus berkembang dan berinovasi.

 

Lampu mati nyalakan lentera

Diam di tempat jangan banyak aksi

Kita bisa hidup sejahtera

Dengan berkoperasi

 

Cantika Putri Hapsari

(Duta Koperasi Bertalenta Kota Mojokerto 2022)

 

Penulis : Ariqa Ayni Alfianita Subagiyo, S.Psi.

(Guru BK SMKN 2 Kota Mojokerto)

 

 

Referensi

Koperasi Kulonprogo. (TT). Sejarah dan Latar Belakang Koperasi. Koperasi Kulonprogo [on-line]. Diakses pada tanggal 11 Agustus 2022 dari https://koperasi.kulonprogokab.go.id/detil/536/sejarah-dan-latar-belakang-