Loading

Rekomendasi Racikan Minuman Herbal Siswa APHP di Masa Pandemi

Pada 12 maret 2020, penyakit corona virus 2019 (covid-19) telah dikonfirmasi pada 125.048 orang di seluruh dunia, membawa angka kematian sekitar 3-7%, dibandingkan dengan tingkat kematian kurang dari 1% dari influenza. Disaat yang bersamaan pula, WHO mengumumkan virus corona sebagai penyakit pandemi. Pandemi adalah istilah kesehatan yang merujuk pada penyebaran penyakit yang menyerang orang dalam jumlah banyak dan terjadi di banyak tempat (Juntra, 2020).

Rempah memang tidak untuk menyembuhkan, melainkan dapat mencegah karena dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Jika daya tahan tubuh baik, penyakit pun akan sulit masuk ke dalam tubuh (liputan 6, 2020). Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk dapat bertahan dalam kondisi pandemi diantaranya mengikuti instruksi dari pemerintah dan meningkatkan daya tahan atau imun tubuh. Salah satu tanaman obat yang digunakan dalam terapi komplementer untuk meningkatkan system imun adalah rempah-rempah (herbal). Selain itu, upaya yang dilakukan berupa makan makanan yang bergizi, olahraga minimal 2 kali dalam seminggu dan minum minuman ramuan herbal yang baik untuk kesehatan. Salah satu inovasi dalam pencegahan virus corona ini adalah dengan meminum minuman herbal. Rempah – rempah dapat diolah menjadi produk suplemen atau minuman herbal yang kaya manfaat dan rasanya enak ketika dikonsumsi.

Novi Fuji (2020), Jamu ini terbuat dari rempah-rempah seperti : Jahe yang bermanfaat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Hal ini agar tubuh tetap fit, dapat mencegah dan membunuh bakteri berbahaya dalam tubuh. Karena itu sistem kekebalan tubuh akan meningkat. Lalu, temulawak salah satu manfaatnya untuk menjaga kebugaran. Kunyit, manfaat dari kunyit ini yakni antioksidan, antitumor, dan antikanker. Antioksidan adalah senyawa yang dapat menangkal senyawa-senyawa radikal bebas. Selanjutnya kayu manis, manfaat dari kayu manis ini adalah kandungan antioksidan yang tinggi dalam kayu manis juga sangat berguna untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, dengan manfaat ini dapat menghindarkan tubuh dari serangan berbagai bakteri, kuman dan virus penyebab penyakit. Terakhir daun sereh, Salah satu manfaat sereh yakni menurunkan demam. Kandungan sereh juga bisa membantu mengeluarkan zat-zat berbahaya dari tubuh. Manfaat dari jamu sipopon ini mendukung system metabolism tubuh, anti jamur dan anti bakteri, meredakan peradangan, mencegah radikal bebas, meningkatkan imunitas pada tubuh, menyembuhkan flu dan batuk.

Berikut link youtube dari pengolahan minuman herbal yang direkomendasikan dan dibuat oleh siswa kelas XII jurusan Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian SMKN 2 Mojokerto di masa pandemi ini. Video tersebut juga sebagai memenuhi tugas praktik pada mata pelajaran Produksi Pengolahan Hasil Perkebunan dan Herbal.

1.       https://youtu.be/fdH-zI-p06E

2.       https://youtu.be/-WhkWQPq3eA

3.       https://youtu.be/VKcQaVxRvIY

4.       https://youtu.be/ArPo5LXEVBM

5.       https://youtu.be/104PKyxJqEU

 

 

 

 

Referensi :

1.         Juntra, L. (2020). Gaya Hidup Mayarakat Nusa Tenggara Timur Dalam Menghadapi Pandemi Corona Virus Disease 19 (Covid-19). Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(1), 34–40. Retrieved from https://ojs.uniskabjm.ac.id/index.php/ANN/article/view /2994

2.         liputan 6. (2020). Cara Olah Tanaman Herbal Untuk Tingkatkan Kekebalan Tubuh di Tengah Pandemi Corona Covid-19. (Https://Id.Berita.Yahoo.Com/Cara-Olah-Tanaman-Herbal-Untuk134541548.Html).

3.         Fuji, Novi. 2020. Manfaat Empon-Empon untuk Kesehatan, Tingkatkan Imunitas Tubuh. https://m.merdeka.com/jabar/manfaatempon-empon-untuk-kesehatan-tingkatkanimunitas-tubuh-cegah-corona-kln.html. 4 September 2020. 15:20.

Penulis : Desy Andini Diliawati, S.TP (Guru APHP)