Loading

KINI HADIR BANK MINI SYARIAH AKHTARA DI SKANEDA…….YUKS GABUNG !!

Dalam menunjang kegiatan pembelajaran Kompetensi Keahlian Perbankan Syariah, SMK Negeri 2 Mojokerto memiliki Mini Bank Syariah Akhtara  sebagai tempat praktik Kompetensi Keahlian Perbankan Syariah tepat di lantai 2 gedung Barat SMK Negeri 2 Mojokerto.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala SMK Negeri 2 Mojokerto Drs. Bapak Akhmad Mukhlason,M.MPd menyampaikan bahwa dengan adanya Mini Bank Syariah ini diharapkan dapat menjadi wadah pengembangan dan pusat pembelajaran mandiri bagi siswa Kompetensi Keahlian Perbankan Syariah dalam mengembangkan ilmu dan praktik Operasional Perbankan di SMK Negeri 2 Mojokerto hingga menjalin kerja sama dengan Lembaga Keuangan dan Bisnis Syariah yakni PT BPRS Lantabur Tebu Ireng Cabang Mojokerto.

Bank Mini syariah Akhtara mulai beroperasional awal sejak tahun 2015 dengan sistem operasional yang dibilang masih sangat sederhana / manual, namun saat ini mulai tahun 2021 sejak dibawah naungan PT BPRS lantabur Tebu Ireng sistem operasional pada bank Mini Syariah Akhtara di SMK Negeri 2 Mojokerto telah menggunakan software Perbankan syariah sehingga lebih mempermudah pelayanan nasabah. Saat ini bank mini syariah memiliki  produk simpanan dan pembiayaan  yang dapat dimanfaatkan oleh nasabah SMK Negeri 2 Mojokerto, yaitu Tabungan Wadiah siswa , Tabungan wadiah guru & Karyawan , serta launching terbaru yakni produk pembiayaan murabahah bagi guru dan Staf. Wadiah Guru adalah layanan simpanan berdasarkan prinsip Wadiah Yad Dhamanah yang penarikan dan setorannya dapat dilakukan setiap saat selama jam kas dibuka di konter Mini Bank Syariah. Sedangkan, Wadiah Siswa adalah layanan simpanan berdasarkan prinsip Wadiah Yad Dhamanah dengan tujuan penggunaan sebagai dana pembayaran biaya pendidikan, dengan ketentuan penarikan hanya diperuntukkan bagi pembayaran biaya sekolah.

Sambutan positif juga disampaikan oleh Pimpinan Kacab PT BPRS lantabur Tebu Ireng Cab Mojokerto Ibu Qibtiyah, S.Hi “Semoga Bank Mini Syariah Akhtara bisa menjadi inspirasi bagi siswa untuk memperjuangkan dan melanjutkan perjuangan para pejuang Ekonomi Syariah yang ada di Mojokerto, khususnya Indonesia, serta mampu menginspirasi dan menambah kemampuan (skill) anak-anak khususnya Jurusan Perbankan Syariah”.  Harapan kedepan Mini Bank Syariah dapat mengoptimalkan kompetensi siswa Perbankan Syariah dan mampu menjalin keharmonisan bersama DUDI lembaga Keuangan syariah lain nya.