Loading

Kerennya Siswa SMKN 2 Kota Mojokerto menjadi Duta GenRe (Generasi Berencana)

Salam GenRe. Awal bulan September menjadi saksi berprestasinya siswa SMKN 2 Kota Mojokerto. Beberapa siswa yang mengikuti ajang Duta GenRe dinobatkan menjadi finalis. Riska Kurniaila (XI PS 2) dinobatkan sebagai Duta GenRe Sosial Media Inspiratif Kabupaten Jombang 2022. Ia menjadi perintis bagaimana media sosial yang bisa menginspirasi remaja atau biasa populer dikenal sebagain influencer. Muhammad Zulkifli (XII DKV 1) dan Siti Nur Kholifah (XII TB 2) menjadi finalis  Duta GenRe Kota Mojoekrto 2022 meneruskan perjuangan alumni Aura Aishita dan Farid Aditya yang finalis  Duta GenRe Kota Mojoekrto 2021.

GenRe atau generasi berencana adalah program yang dikembangkan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dengan kelompok sasaran program, yaitu: Remaja yang berusia 10-24 tahun tapi belum menikah. Remaja GenRe adalah fitur yang sehat, cerdas, ceria sebagai konselor sebaya. Konselor sebaya yang mendorong sebayanya untuk berkarya karena ini saatnya Yang Muda Yang Berencana dan Berencana itu Keren. Berencana dalam hal ini meliputi bagaimana melatih keterampilan hidup, mengenal triad KRR (Kesehatan Reproduksi Remaja), merencanakan pernikahan dan lain sebagainya. Hal ini sesuai dengan tagline KB (Keluarga Berencana), Dua Anak Lebih Sehat.

Program GenRe di SMKN 2 Kota Mojokerto dilaksanakan oleh ekstrakurikuler Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja atau Sanskarada. Sanskara dari bahasa sansekerta artinya bermoral baik. Sanskarada sendiri artinya remaja bermoral yang baik dari skaneda (SMKN 2 Kota Mojokerto). Tujuan awal PIK-R Sanskarada untuk meningkatkan jumlah remaja berkualitas di SMKN 2 Kota Mojokerto. Perintis dan pembina ekstra berharap dengan adanya Sanskarada banyak tumbuh rasa peka terhadap sesama ( sebagai konselor sebaya ) bukan hanya membahas hal tabu seperti  kesehatan reproduksi, penyakit menular seksual, HIV/AIDS, dan NAPZA.

Satu, dua, tiga pohon kelapa... Marilah kita berencana....

 

 

 

Penulis: Ariqa Ayni Alfianita Subagiyo, S.Psi.