Loading

“Career Course : Navigating Your Career Path”

Persaingan di dunia kerja semakin ketat dan penuh tantangan. Siswa perlu mempersiapkan dengan matang agar dapat meraih karir yang diinginkan. Oleh karena itu, Tim Bursa Kerja Khusus (BKK) bekerjasama dengan tim guru Bimbingan Konseling (BK) mengadakan “Career Course : Navigating Your Career Path” pada tanggal 20 Oktober 2022 di Aula SMK Negeri 2 Mojokerto. Acara ini bertujuan untuk memberi motivasi dan pengetahuan lebih dalam untuk siswa kelas XII tentang persiapan dunia kerja. Tak diragukan lagi, Bapak Bambang Sukaton, BE yang menjadi pengisi acara yang saat ini merupakan Ketua BKK SMK Brantas Karangkates Malang tahu betul caranya. Dengan pengalaman kerja Beliau sebelumnya sebagai Assistant Manager di Texmaco Jaya Group (1989-2002) dan Head of Division Quality Asurance BHSTEX (2002 – 2006) dapat memberikan gambaran real tentang budaya kerja di dunia industry dan dunia kerja. Pria kelahiran Malang ini banyak mendapat penghargaan dalam penyaluran alumninya dari berbagai perusahaan.

            Ada beberapa hal yang dijelaskan dalam acara tersebut. Mulai dari motivasi, penguatan mental dalam mencari kerja, cara membuat surat lamaran kerja dan curriculum vitae yang menarik, serta tahapan tes dalam rekruitmen kerja. Begitu lengkap materi yang disampaikan beliau membuat peserta semakin bersemangat mengikuti seluruh rangkaian acara. Ada strategi yang harus dilakukan memperoleh pekerjaan dibagi menjadi 3K : Kemauan, Kemampuan dan Kesempatan. Pencari kerja harus mau dulu, agar dapat meraih jenjang karir yang diinginkan. Mau disini berarti keinginan untuk belajar dalam berbagai situasi dan kondisi di lapangan. Ketika dia mau, pekerjaan seberat apapun akan dapat ia lakukan sehingga akan meningkatkan kemampuan diri dan akan semakin banyak kesempatan yang ia dapat. Selain itu, siswa harus lebih mengembangkan softskill dan hardskillnya. Softskill diantaranya kemampuan komunikasi, social serta kemampuan beradaptasi dengan baik di kehidupan sehari-hari atau lingkungan kerja

             “SMK itu Sekolah Metu Kerja”, lugas Beliau. Jadi, harusnya lulusan SMK bisa lebih terampil dan kompeten. Harapannya angka pengangguran terbuka lulusan SMK dapat berkurang khususnya lulusan SMK Negeri 2 Mojokerto – tim BKK SMKN2 Mojokerto.

                            Pak Bambang memandu siswa dalam mengerjakan psikotes.


Foto Bersama : Bambang Sukaton, BE – BKK – BK- Peserta Career Course


Penulis : Mulat Adityawiranti, S.Pd