Loading

BKK SMKN 2 Mojokerto Bekerjasama dengan PT.SAI Selenggarakan Rekrutmen Lulusan SMK

         Siapa yang tak kenal dengan PT.SAI (Surabaya Autocomp Indonesia), salah satu perusahaan di kawasan Ngoro Industri yang menjadi incaran para pencari kerja. Perusahaan ini bergerak dalam bidang produksi komponen otomotif Wiring Harness.

          BKK (Bursa Kerja Khusus) merupakan sebuah layanan yang dimiliki SMK untuk membantu alumni khususnya dalam memberikan informasi lowongan kerja, dan juga penyaluran kerja. BKK SMKN 2 menjalin kerja sama dengan PT.SAI dalam mengadakan rekrutmen, bertempat di Aula SMKN 2 dengan peserta dari alumni dan juga dari umum. Mengingat banyaknya kebutuhan karyawan perusahaan dan membludaknya pelamar, maka di tahun 2022 saja rekrutmen di SMKN 2 dilaksanakan sebanyak tiga kali, yaitu di bulan Februari, Juli, dan November. Sekali rekrutmen peserta yang hadir bisa mencapai 500 orang.

         Posisi yang dibuka adalah sebagai operator produksi dengan kualifikasi antara lain: perempuan (usia 18-25 tahun), belum berkeluarga, pendidikan SMK/SMA/MA, tinggi badan minimal 152 cm, sehat (tidak buta warna, maksimal mata minus 2, tidak silinder dan tidak plus), telapak tangan tidak basah, bersedia mengikuti dan lolos pemagangan, mempunyai BPJS Kesehatan, tidak memiliki saudara kandung yang bekerja di PT.SAI, tidak pernah magang di LPK SAI/bekerja di PT.SAI sebelumya, vaksin dosis 3, memiliki aplikasi peduli lindungi dan sertifikat dosis 3 sudah terdaftar di aplikasi tersebut.

         Mekanisme pendaftaran peserta rekrutmen di SMKN 2, dimulai dari penyaringan alumni yang ingin mendaftar kemudian kuota selanjutnya akan dibuka untuk umum. Kuota untuk umum akan diinformasikan melalui akun Instagram resmi @bkksmkn2mojokerto. Pelamar akan mengisi link pendaftaran yang berisi informasi yang dibutuhkan kemudian datang ke SMKN 2 membawa berkas persyaratan yang dinamakan seleksi administrasi. Apabila lolos akan melanjutkan untuk tes tinggi badan, tangan basah, tes tulis, dan wawancara. Apabila lolos akan melanjutkan kembali ke tes kesehatan. Hal yang perlu ditekankan bahwa selama proses rekrutmen tidak dipungut biaya apapun.

        Dalam perjalanannya, pada proses rekrutmen ini, BKK SMKN 2 juga menjalin kerjasama dengan BKK SMK lain dalam mengikutsertakan alumninya untuk mengikuti rekrutmen, antara lain BKK Ngasem Kediri, BKK SMKN 2 Kediri, BKK SMK Islam Krembung, BKK SMKN Bandung Tulungagung, BKK SMKM Pandaan, BKK SMK Boyolangu, BKK SMK Pagerwojo, BKK SMK Ponorogo, BKK SMKN 3 Blitar, dan BKK SMKN Bendo Magetan.

         BKK SMKN 2 terus berupaya memberikan pelayanan lebih baik lagi bagi alumni, salah satunya melalui rekrutmen ini. Harapannya banyak alumni yang terserap di dunia kerja. Selain itu juga memberikan kesempatan pada masyarakat pencari kerja secara umum untuk lebih mengenal SMKN 2 Mojokerto melalui rekrutmen PT.SAI.

Penulis : Indah Tri Utami, S.Pd