×

Puji syukur Alhamdulillah saya panjatkan kehadirat Ilahi Robbi, web sekolah yang direncanakan akhirnya dapat terrealisasi. Dengan tersedianya Web SMK Negeri 2 ini diharapakan dapat memberikan banyak manfaat bagi sekolah, khususnya untuk kemudahan komunikasi dan informasi antara sekolah dengan stakeholder, dengan instansi lain, dengan perguruan tinggi, dengan masyarakat, serta dengan dunia usaha dan dunia industri.

Sesuai dengan visi dan misi sekolah, SMK Negeri 2 Mojokerto melaksanakan pendidikan untuk mencetak generasi muda yang berbudi pekerti luhur, berkarakter, berkompeten dan berwawasan Indonesia. Hal ini akan terwujud melalui proses pembelajaran di sekolah yang dilandasi oleh nilai-nilai spiritual dan didukung oleh sumber daya yang memadai sehingga diharapkan menghasilkan lulusan yang kompeten, mandiri, mampu berwira usaha, mampu memenuhi kebutuhan dunia usaha dan dunia industri, serta mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

SMK Negeri 2 Mojokerto didirikan dalam rangka menjawab tantangan dan peluang kerja yang ada di dunia usaha dan industri, serta memperhatikan kebutuhan dan potensi yang dimiliki masyarakat Mojokerto masa kini. Oleh karena itu paket keahlian yang dikembangkan merupakan paket keahlian yang khas, yang meliputi bidang pariwisata, perbankan, seni, agribisnis, serta bidang teknologi dan informasi. Paket keahlian tersebut meliputi Jasa Boga (Kuliner Nasional Dan Kontinental), Perbankan Syariah, Desain Komunikasi Visual, Teknologi Pengolahan Hasil Pangan, dan Rekayasa Perangkat Lunak.

Sebagai salah satu pilot project sekolah model di Jawa Timur, SMK Negeri 2 Mojokerto selalu berusaha untuk meningkatan mutu melalui peningkatan pemenuhan standar nasional pendidikan. Pada umumnya SMK hanya menyelenggarakan fungsi tunggal yaitu menyiapkan lulusannya untuk bekerja pada bidang tertentu sebagai karyawan, kurang menyiapkan lulusannya untuk berwirausaha, lambat daya tanggapnya terhadap dinamika tuntutan pembangunan ekonomi, keselarasannya dengan dunia kerja belum optimal, dan belum dapat menjamin lulusannya untuk pekerjaan yang layak.

Untuk mengatasi hal tersebut maka SMK Negeri 2 Mojokerto melaksanakan fungsi lain yang tidak kalah pentingnya misalnya: Pengembangan unit produksi (teaching factory), industri masuk SMK (teaching industry) dengan membuka kelas khusus dengan dunia industri, lembaga sertifikasi profesi (LSP), tempat uji kompetensi (TUK), dan pengembangan bahan pelatihan. Berdasarkan data Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (2010), lulusan SMK yang diterima sebagai karyawan di sector formal hanya 10 % dan yang 70% bekerja di sektor non formal. Oleh karena itu disamping menyiapkan lulusannya untuk bekerja di bidang keahlian tertentu, SMK Negeri 2 Mojokerto juga lebih intensif untuk mempersiapkan lulusannya untuk menjadi wirausahawan atau pengusaha.

Semoga Allah SWT selalu memberkahi tugas kita. Amin

Copyright © 2016 SMK Negeri 2 Mojokerto, Jawa Timur